Gak Semua Orang Suka Makanan Enak

Setelah menelaah, memikirkan dan menimbang  maka saya berkesimpulan bahwa tidak semua orang suka makan enak.  Karena makanan itu adalah selera dan manusia itu memiliki seleranya masing-masing. Dari manakah datangnya selera? Dari amana aja bisa dan boleh. Selera itu biasanya mendapat pengaruh dari keluarga. Kebiasaan keluarga memberikan masakanan di rumah akan mempengaruhi selera orang rumah, baoa ibu dan anak-anaknya. Namun hal yang paling berpengaruh adalah tingkat perekonomian. Maka setelah diperhatikan dengan seksama terdapat berbagai jenis tipe penyuka makanan.

Satu, Rakyat Biasa

Tipe ini gak pernah peduli sama rasa makanan. Ya pduli sih tapi dikit banget. Sekedar kerasa mecin dan asem uda cukup enak buat dia. Orang tipe ini targetnya adalah kenyang. Apapun makanannya kalo itu mengenyangkan maka akan dibilang enak.

Dua, Oportunis

Tipe sangat melekat dalam diri seorang mahasiswa. Gak mau rugi. Dia tidak hanya butuh kenyang tapi juga butuh enak. Gak heran kalo mahasiswa rela makan diluar kantin demi mendapatkan kepusaannya. Dulu, saya rela naek motor agak jauh demi makan enak dan murah. Jaman dulu namanya Donta. Hehe. Atau sengaja cari bakmi jawa di dengan porsi seabrek di jalan paris yang  harganya gak jauh beda sama bakmi jawa deket kampus.😀

Tiga, Gimana Tempat

Orang tipe begini agak rewel kalo makan. Tempatnya kudu bersih dan nyaman. Gak peduli enak apa enggak makanannya yang penting tempatnya bersih. Orang kayak begini biar diajak makan mi ayam yang rasanya selangit tapi tempatnya kaki lima tetep bakal kagak suka.  Dia rela nahan laper ketimbang makan di tempat yang kagak bersih.

Empat, Hunter

Pokoknya harus makan enak. Gak peduli tempat, harga, dan porsi. Bahkan kalopun harus makan nasi telor, dia cari tempat jualan nasi telor paling enak walaupun agak jauh kosan. Dia juga rela ngabisin duit agak banyak demi makan makanan enak di restoran yang kesannya mahal. 

Lima, Hunter

Oran tipe ini akan selalu mencari tempat makan yang punya cita rasa khas. Entah dari rasa, cara penyajian atau tempat.  Orang model begini rela blusukan ke dalem pasar demi mendapatkan makanan yang dia cari. Sebuatan untuk orang begini adalah para wisatawan kuliner. Tipe ini yang paling seusai dengan saya.

Enam, Gimana Situasi

Singkat saja. Orang tipe ini uangnya kan selalu dihabiskan untuk makan enak dan ngirit kalo lago bokek.

Tujuh, VVIP

Nah orang model begini kalo makan harus enak dan di tempat terkenal atau setidaknya bermerek. Seleranya ketinggian. Kadang gak jarang orang model begini komplen saat harus membayar makanan mahal yang gak enak. Dia gak perduli porsi, walalupun Cuma seemit yang penting makanannya enak. Kalo makan ikan harus seger, kalo makan buah harus langsung dari pohonnya.* Pindah aja pak ke hutan.

Mungkin ada banyak lagi tipe-tipe pemangsa kuliner. Masing-masing tipe punya kecendrungan menjadi primer dan sekunder. Ada yang primernya bertipe “hunter”, sekundernya bertipe “Gimana Situasi”.

Yang pasti dari sini bisa diambil sebuah keyword. Bahwa apapun makananya yang dijual pasti laku. Maka jangan heran kalo ada warung yang makananynya gak enak tapi rame yang beli. Gak semua orang punya selera yang tinggi terhadap rasa makanan. Dari kategorisasi ini juga kita bisa mengambil salah satu pasar yang kita inginkan. Apakah mengambil pasar orang yang makan berdasar tempat, porsi, atau rasa.

Selamat bertanding rasa.

Oya, sedikit saya ajukan bukti kalo saya seorang kuliner hunter. Hehehe.

 

*Mi Kodon Taman Dipangga. Rasa mi jawa dengan lampung style. Mie-nya lebar-lebar. Ini versi gorengnya.

*Mi Kodon versi rebus. Oya, ada campuran udang keringnya mas bro.

*Ini yang unik. Sambelnya sambel bakso. Isinya cabe rawit semua.

*atraksi masak seafood ala Dang Lupa Seafood Alien di Pasar Mambo

*Cumi saos padang. Cumi nya segerrr benerrrr. Secara dagangnya deket laut. hehe.

*Udang Saos padang. 

Semua bisa ditemui di Bandar Lampung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s