terjaga.

Orang-orang yang terjaga hanya punya sebuah jawaban terhadap pertanyaan mengapa mereka terjaga, yakni “tidak tahu”. 

Terjaga dan insomnia adalah anak kembar yang beda wajah. Insomnia itu penyakit atau hobi tidak tidur untuk kepentingan senang-senang. Orang-orang yang insom itu memang nyari dan sengaja gak tidur. Beda dengan terjaga. Terjaga terjadi pada orang yang ingin tidur pulas dan berkualitas namun karena satu dan lain hal, tidur pulas cuma tinggal mimpi belaka.

Satu dan hal lain yang menjadi sebab orang terjaga adalah sebuah misteri tanpa ujung. Orang-orang yang terjaga ini sangat tersiksa. Sudah tersiksa karena sulit mendapatkan tidur masih ditambah tersiksa karena tidak bisa mengintepretasikan sebab mereka terjaga. Tanpa disadari, kadang mereka terjaga karena terlalu pusing memikirkan penyebab mereka tidak bisa mendapatkan tidur.

Terjaga itu bisa jadi sebuah ekspresi dari berbagai masalah yang sudah terlalu kusut. Mereka ingin menyelesaikannya tapi tidak tahu harus memulai dari mana. Ketidaktahuan mereka akhirnya menambah kusut masalah yang ada. Mereka tidak punya solusi. Akhirnya mereka memilih terjaga. Makanya, gak heran kalo orang-orang yang terjaga sangat peka dengan keadaan sekitar. 

“baru aja bisa tidur, eh, si A masuk kamar nyari-nyari sisir. Kebangun dah. Gak Bisa tidur lagi”.

Itu mungkin percakapan yang kita sering dengar dari orang yang terjaga. Padahal, si A hanya mencari sisir tanpa suara. Namun gerak-geriknya membuat terbangun. 

Bayangkan, saat orang lain menikmati tidurnya atau menikmati insom-nya dengan browsing atau nge-game, orang-orang yang terjaga di waktu-waktu dini hari masih membuka mata. Ditengah pekatnya malam mereka memikirkan sebuah masalah. Memikirkan sebab mereka terjaga. Memikirkan bagaimana mengurai masalah yang tidak ada jalan keluarnya. 

Beruntunglah orang yang dapat menikmati tidurnya. Memiliki kemudahan dalam memejamkan mata dan merelakan nyawanya sekejap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s