“Somewhere Only We Know”

Ada hal yang terkadang kita tahu saat usia telah dewasa. Salah satunya mungkin lirik lagu. Ditemani secangkir kopi, secangkir cuka dengan dua buah pempek adaan sisa perang lebaran kemarin, dan bunga sedap malam yang merebak di sekujur kamar, kita mulai bercerita.

Sebuah lagu dari band asal Inggris beraliran rock alternatif ini berulang kali saya pasang dalam perjalanan pulang. Semakin lama di pasang semakin penasaran dengan isi liriknya. Kemampuan bahasa Inggris tingkat dewa saya belum bisa mengurai pengejaan satu demi satu kata di lirik lagu itu. Jadilah saya minta tolong ke mbah google untuk membaca jelas liriknya.Lirik lagu yang sudah saya dengarkan sejak SMA ini membuat saya senyum-senyum gak jelas karena ngerasa pernah ngalamin apa yang ada dalam lirik. 

Disadari atau tidak, kadang kita mempunyai tempat biasanya tempatnya sederhana yang cuma hanya kita yang tahu. Kita selalu punya basecamp yang kita ciptakan dengan tidak sengaja. Zaman SMA saya memiliki tempat berbentuk saung dari bambu yang berdiri di pinggir kali Cisadane. Tempat itu biasa saya gunakan hanya dengan beberapa teman untuk bertukar keluh kesah atau bahasa Jermannya curcol. Sekarang juga saya punya tempat nobar bola bareng sepupu-sepupu. Tempat yang saya kunjungi saat nobar saja. Dan saya yakin masing-masing orang punya tempatnya sendiri yang cuma mereka yang tahu.

Tempat yang dimaksud dalam lirik lagu Somewhere Only We Know ini sebenarnya lebih mengarah kepada tempat yang tidak ada orang lain yang tahu selain kita. Tapi menurut saya, kata “Only We Know” itu tidak hanya berlaku untuk tempatnya namun juga berlaku pada kisah yang terjadi dibalik tempat itu. Mungkin banyak orang tahu tempat ini, tidak hanya kita. Namun, sebuah kisah yang terjadi di tempat ini hanya kita yang tahu. Bentuknya bermacam-macam bahkan sesederhana mungkin. Contohnya stasiun.

Stasiun adalah sebuah tempat yang banyak sekali orang tahu. Tempat ini biasanya saja. Namun ada banyak kisah yang terjadi di tempat ini. Kisah-kisah itu pun bermacam-macam. Namun ada saja orang yang memiliki kisah tak terlupakan di sebuah stasiun. Kisah yang kemudian sangat berpengaruh dalam hidup seorang anak manusia. Kisah yang kemudian berpengaruh pada masa depan. Maka saat nama tempat itu disebut, salah seorang diantara kita akan teringat sebuah kisah. Saat melintas tempat itu, maka ada sebuah kisah yang berjalan di dalam pikiran. Hal ini juga bisa disebut sebagai tempat yang cuma kita yang tahu.

Ada beberapa tempat memang yang betul-betul cuma diketahui kita. Tapi itu jarang sekali terjadi, terutama di kota. Namun kembali ke pasal di atas. Tempat itu biasanya sederhana. Mungkin taman kota atau bahkan sebuah halte. Tergantung kisah apa yang terjadi di baliknya. Entahlah, kapan kita akan menemukan Somewhere Only We Know. Somewhere to begin with something to rely on.

Kalo begitu, sruput dulu kopinya…

Alamak! salah cangkir. Pantes pedes.

Leave a Reply

