tugu-tugu & janji-janji

Tugu, menara, obelisek atau apapun sebutannya adalah properti yang biasa dibangun untuk memperingati sesuatu atau menandakan sesuatu. Bentuknya bisa bermacam-macam, tapi biasanya makin ke atas makin mengerucut.

Di luar negeri banyak kebiasaan orang-orang yang sedang di mabuk asmara menyematkan, menyatakan, mengungkapkan, dan menjanjikan cintanya di tugu-tugu. Entah siapa yang mulai duluan. Mungkin tugu dirasa memiliki durasi keberadaannya sangat lama. Contoh, tugu jogja yang uda puluhan mungkin ratusan tahun gak bosen-bosen berdiri di situ. Dan mungkin untuk puluhan tahun kemudian akan tetap berdiri. Jadi janjinya bisa terus abadi seabadi tugu itu. Tapi buat apa janji doang yang abadi? Bukannya yang lebih dibutuhkan progres realisasi janji itu.

Di Indonesia kebanyakan orang nyatakan atau menjanjikan cinta di pohon. Pohon diukir-ukir dengan nama mereka berdua. Kadang saya berpikir kalo jiwa seni manusia Indonesia itu tinggi. Gak perlu jauh-jauh ke Jepara nyari ukiran. ;p. Mungin karena gak ada tugu yang romantis kali ya buat nyatakan perasaan dan mengukir janji. Karena mungkin kebanyakan tugu di Indonesia lekat dengan latar belakang perjuangan heroik para pahlawan yang artinya sedikit sekali punya nilai romantis. Terkecuali tugu Jogja kali ya. Tapi tetap aja semangatnya vandal. Tugu dicoret-coret. Mungkin emang kita sangat suka dengan retorika, kesan, atau citra bukan realitas. Dan hal ini berlaku di mana tempat, gak kota, gak di desa.

Mungkin Indonesia harus punya ikon tugu seperti Eiffel yang punya sensasi romantis yang magis. Biar makin beragam tujuan wisatanya. kira-kira yang cocok tugu mana ya?😀

Tugu dan janji (semu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s