Tempe Mendoan dan Rasa yang Lebay

Sudah pada tau kan tempe mendoan. Tempe khas daerah banyumasan. Tempe tipis yang sebelumnya dicelupkan ke adonan tepung kemudian digoreng. Digoreng tidak terlalu kering alias basah kemudian disajikan. Jadilah makanan sehat dengan koleterol tinggi. Sehat dari tempenya, kolesterol dari minyaknya yang gak beda jauh sama banjir di Jakarta.

Lucunya tepe mendoan ini adalah besar tempe sama tepungnya itu lebih banyak tepungnya. Tempungnya menyelimuti tempe tipis sehingga keliahatan lebih tebal.

Keberadaan sebuah masakan selalu punya cerita dibaliknya. Begitu juga dengna tempe mendoan yang kenapa bisa-bisanya lebih banyak tepungnya. Mungkin waktu itu tempe mahal. Biar menarik perhatian pembeli, orang yang berjualan tempe goreng menambahkan tepung biar tempe terlihat agak besar. Atau dahulu orang makan cukup mencari kenyang, maka dengan tepung yang banyak makan satu tempe saja susah cukup membuat kenyang.

Semua punya cerita, semua punya alasan. Bahkan rasa dan perhatian yang lebay pun punya alasan di dalamnya. Sama seperti tempe mendoan ini.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s