Jabat tangan: Satu teks untuk 1001 situasi

Setelah selesai Solat, orang biasanya berjabat tangan sebagai simbol rasa syukur sudah bisa melewati waktu itu.

Saat mendapat prestasi, orang juga biasanya bersalaman sebagai simbol ucapan selamat.

Saat seseorang meninggal, kita keluarganya biasanya berjabat tangan dengan para pelayat sebagai simbol turut prihatin.

Saat berpisah baik dengan cara bahagia atau tidak biasanya diakhiri dengan jabat tangan.

Saat orang berhasil melewati sebuah ujian, biasanya juga berjabat tangan. Atau saat baru pertama kali bertemu orang lain juga bersalaman.

Bersalaman atau berjabat tangan adalah sebuah teks. Teks tidak hanya dimaknai sebagai rentetan kata-kata yang terucap atau tertulis. Teks adalah seperangkat tanda yang ditranmisikan dari seorang pengirim kepada seorang penerima melalui medium tertentu dan dengan kode-kode tertentu. Saat kita menempelkan ibu jari dan telunjuk untuk mengatakan “Ok”, maka itu juga diebut teks.

Berjabat tangan adalah teks paling universal yang saya temukan selama ini. Ada satu teks lagi sebenanrya, namun teks ini dalam beberapa budaya tidak dapat dijalankan karena dinilai tidak pantas (tabu) bahkan dilarang, yaitu pelukan. Pelukan antara lawan jenis dalam sebuah budaya dan agama dilarang. Terlepas dari berbagai kontroversi, intinya pelukan memang universal secara makna tapi terbatas secara implementasi. Jabat tangan antar lawan jenis juga ada yang dilarang namun sifatnya tidak tabu.

Jabat tangan  memiliki berbagai makna di dalamnya. Makna yang terkandung dalam sebuah jabatan tangan ditentukan situasi yang terjadi di sekitarnya. Situasi apapun dapat representasikan dengan sebuah jabatan tangan.

Salaman dalam situasi duka, bisa diakatakan sebagai turut berduka. Salaman dalam sebuah situasi gembira bisa diakatakan sebagai bentuk ucapan selamat. Apapun keadaan atau situasinya kita dapat menunjukan rasa simpati hanya lewat satu teks, jabat tangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s