salah konsep nerimo

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengerti apa itu nerimo. Sebuah sikap yang bisa disandingkan dengan pasrah, mungkin. Sikap tidak protes dan ya, nerima terhadap apapun perlakuan atau situasi kondisi yang ada saat ini.

Orang-orang di daerah Jawa Tengah utamanya yang sering berprinsip hidup seperti ini. Prinsip hidup ini berkembang pesat dan memndapatkan perubahan bentuk makna di luar daerahnya.

Banyak orang, terutama orang Kota, menganggap nerimo adalah sikap tempe, cemen, atau apapun istilahnya itu. Hal ini karena orang-orang yang nerimo terlihat tidak memiliki gairah hidup (yang mungkin dalam bahasa kota keserakahan) dan enggan beranjak dari tempatnya. Mudahnya, orang banyak megartikan nerimo sebagai sikap tanpa perlawanan terhadap situasi dan kondisi yang tidak layak. Baik tidak layak karena pilihan sendiri atau karena kebejatan orang lain.

Jogja sebagai salah satu gudang nerimo, namun pada Gempa Jogja tahun 2006 saya tidak lihat sikap nerimo, versi orang kot. Pada Gempa Jogja, penanganan dan rekontruksi pasca gempa berjalan cepat. Ternyata dan saya yakini ada miss-konsepsi terhadap local wisdom ini.

Saat Anda dikalahkan atau kalah dalam sebuah kompetisi. Otomatis mood hidup Anda tidak lagi bercahaya. Jika Anda foto aura pun mungkin akan hitam latar belakangnya. Dalam posisi ini biasanya seorang ibu jawa biasanya akan bertuah.

“sudahlah.. terima saja kekalahan ini. belajar lagi. Biar besok bisa menang”

Ini lah konsep nerimo yang sebenanrya, menurut saya. Nerimo adalah sebuah sikap yang berusaha untuk tidak lama meratap, dan tetap moving forward. , Go A Head.Atau dalam bahasa jargon rokok. Atau kalao menurut The Milo “Hadapi hidup yang remuk hapus semua kenangan yang kelam”.

Nerimo itu menurut saya melawan fitrah manusia. Fitrah, manusia adalah “ingin lagi dan lagi”, tidak pernah merasa cukup, tidak pernah puas. Tiba-tiba konsep nerimo datang melawan fitrah itu. Makanya menurut saya nerimo adalah bagian dari perjuangan.

Nerimo adalah sebuah sikap untuk tidak memikirkan episode pedihnya hidup dan tidak memikirkan episode ketidaknyamanan hidup dan hati. Nerimo adalah sebuah usaha meminimlisir keluh kesah. Nerimo adalah bagian dari bersykur. Nerimo adalah kontra keserakahan. Nerimo akan mengurangi tugas KPK mengurusi orang yang serakah.

Nerimo adalah usaha untuk realistis bahwa jalan hidup masih panjang. Di depan masih banyak rezeki dan keberuntungan yang belum diambil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s