sama-sama manusianya tapi beda

ada orang yang kuat  yang selalu terlihat tegar dan tanpa keluh. seolah-olah dia begitu nikmat menjalani hidupnya. tapi saya tetap tidak percaya ada orang yang begitu kuat. sekuat-kuatnya manusia tetap haru memiliki partner dalam hidup. berbeda-beda memang, ada yang punya kekasih (jadul bener bahasanya), kalo gak laku partner-nya binatang peliharaan, dan yang paling mulia adalah berpartner Tuhan.

Orang yang berpartner dengan Tuhan adalah orang yang selalu menggantungkan segala lini di hidupnya kepada Dia. Dari mulai sedih samapai senang semua dicurhatkan kepada Tuhan. Kalo kita seorang seorang muslim ya saat momen-momen solat, buka puasa, dll. tapi perlu didikan yang tidak sebantar untuk sampai ke level ini.  kita perlu benar-benar mengerti betapa kekuatan yang Maha Kuasa itu sangat-sangat tak tertandingi. selain itu, situasi Tuhan yang tak kasat mata membuat kita merasa seperti berkhayal, abstrak tapi memperoleh kenyamanan. Kita memang sudah mengamini hal itu, sayangnya kita belum pada tahap menyadari.

tapi setidaknya beruntunglah orang yang punya kekasih, dalam hal ini kekasih yang benar-benar bisa memberikan kenyamanan. kenyamanan ini membuat apapun masalah yang dihadapi begitu mudah dan mengalir untuk dibicarakan. dan pada saat itu, tidak ada posisi yang lemah dan kuat. kondisinya smeua saling mendukung.

yang menjadi tanda tanya besar saya adalah kenapa ada ketidaknyamanan saat masalah itu dibicarakan dengan teman. analisa saya adalah ada ketakutan dianggap lemah. kedua, ada semacam reaksi kimia dalam tubuh yang tidak bekerja. sehingga menceritakan masalah dengan teman malah akan memperkeruh suasana karena tidak ada kenyamanan.

entahlah, ada reaksi kimia macam apa antara sepasang kekasih, sehingga ada hal yang begitu berebeda saat di dekatnya. untuk itulah saya meyakini bahwa seorang yang single kemudian memiliki tingkat tempramen yang naik turun alias labil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s