peduli (juga) ada tempatnya

Tikno dan Ulfa adalah teman sya waktu kecil. Kedekatan kami tidak perlu dipertanyakan lagi. Dahulu, tidak lengkap rasanya jika tidak ada mereka. Dan ketidaklengkapan itu meraja lela saat Tikno harus pindah rumah. Tidak sampai nangis, tapi sedih itu pasti. Tinggal saya dan Ulfa tapi tak lama Ulfa pun harus pindah dan begitupun saya. Semenjak saat itu sudah tak ada lagi komunikasi. Saya tidak tahu dimana Ulfa dan Tikno. Awalnya memang saya rindu dengan mereka berdua, tapi lama kelamaan rindu berkurang dan lenyap karena saya menemukan teman-teman baru.

Kadang saya teringat dengan mereka danpenasaran juga dengan keadaan mereka tapi hal itu tidak membuat saya ingin bertemu lagi atau ingin mengeahui kabarnya dan saya pun yakin begitu juga mereka.

Sekarang kejadian itu terulang.

Ada saat seseorang bertemu dan kemudian terpisah oleh maut, ada juga saat seorang bertemu dan terpisah oleh keadaan. Berpisah secara raga maupun batin. Awalnya kita tidak tahu, tidak saling kenal dan tidak peduli. Lalu kemudian tahu, kenal dan peduli. Satu saat mungkin saja ada keadaan yang membuat kita harus kembali tidak peduli. Iya, kenal tahu dan kenal itu abadi tapi kepedulian itu berubah-ubah.

Peduli seperti pisau. Dia bisa begitu bermanfaat kadang bisa begitu mudarat. Buat beberapa keadaan peduli menyebabkan keburukan, seperti saat kita peduli dengan orang yang sudah memiliki orang yang telah peduli pada dia (bingung-bingung dah). Ya, intinya dalam suatu keadaan tertentu kadang kepedulian itu harus dicabut agar menjadi maslahat bagi orang lain. Bahkan kadang kita harus berusaha lupa atau benci agar mudah menyabut rasa peduli itu.

Leave a Reply

