rejeki gak cuma tumpah di Jakarta

Banyak orang kebelinger. Berbondong-bondong ke Jakarta mencari pekerjaan. Seolah-olah Tuhan yang Maha Pengasih cuma numpahin rejeki di Jakarta.

Dengan akidah ini mereka rela hidup tanpa nafas di rumah-rumah mainan di pinggiran kali Jakarta. (Masuknya saja lewat gang, gimana mau punya mobil? Bahkan kepikiran aja enggak. Naronya aja bingung.  hehe)

Bahkan kita jarang sekali ingat bahwa banyak orang-orang kaya di Jakarta yang memulai bisnisnya dari daerah. Banyak juga orang kaya daerah yang punya pengaruh besar di Jakarta. Ingat pemillik pabrik Sido Munucl. Kurang berpengaruh bagaimana dia di Jakarta. Tapi dia berasal dari Semarang.

Memang Jakarta adalah kota metropolitan yang memiliki daya beli tinggi. Makanya menurut saya, ke Jakarta itu jalan pintas. Kata kakak angkatan saya dulu waktu kuliah, jalan pintas itu hampir rata-rata jalannya rusak. Untuk sampai ke tujuan itu ada hal yang harus dikorbankan. Setidaknya ban motor kita jadi lebih tipis. Intinya, finishing yang tidak akan pernah sempurna. Untuk itu, tidak heran jika kemudian tidak sedikit orang yang merantau ke Jakarta lalu hasilnya biasa-biasa saja.

Saya punya dua orang teman asal Nusa Kambangan. Dua-duanya kuliah di Jogja.  Yang satu sarjana Komunikasi dan bekerja di Jakarta sebagai PR Konsultan. Tidak sampai dua tahun di Jakarta, teman saya bias beli laptop dan blackberry. Yang satu lagi masih mahasiswa dan tidak lulus-lulus. Dia membantu ibunya seorang nelayan untuk memoderinisasi usahanya dan menjamah pasar yang lebih luas. Saat ini dia punya satu tempat di Jogja yang mau menampung ikan hasil tangkapannya. Teman saya ini pun bisa punya Blackberry dan Laptop. Yang paling penting, teman saya ini tinggal di rumah yang benar, yang punya banyak jendela dan bisa menikmati mentari pagi di kamarnya. Iniilah bukti bahwa Jakarta bukan segalanya.

Terserah kawan percaya atau tidak bahwa Tuhan itu Maha Adil . Menumpahkan rejeki dimana saja tanpa pandang bulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s