bayanganku berbentuk kamu

Hari ini kelabu sabar mengayun di langit, begitu pun kemarin malam. Tapi aku merasa ada di hari dengan matahari membakar dan bulan membulat. Kemanapun dan sedang apapun selalu ada bayangan. Bayangan dari diriku namun berbentuk kamu.

Hari ini kamu menjadi operator proyektor di bisokop otakku. Seenak udel kamu memainkan film-film ini. Semua film tentang mu. Kadang film ini membuat ku harus menahan kencing dan kadang film ini buatku harus mengambil syatan tipis kertas putih. Tapi aku yakini bahwa itu bermuara dari aku.

Aku tersiksa melihat gambar-gambar itu. Gambar-gambar yang kau putar semua berwarna hitam-putih. Lelah, aku ingin segera keluar dari bisokop. Aku coba mematikan diri sejenak berusaha berharap bangun dan berada di ruang hingar-bingar dan bounce agar tak ada lagi bayangan. Tapi selimut yang kupakai ternyata berkarikatur kamu.

Aku keluar dari bioskop dan masuk ke alam buram dalam selimut itu yang setiap orang didalamnya berbentuk dan bertingkah laku seperti mu. Dalam lelap kau masih membayangiku. Lelap ini ternyata tidak menahan komedi putar yang setiap kudanya diduduki oleh mu.

Entah dalam bentuk apa kamu saat ini sehingga begitu kuat menggerayangiku. Entah dalam bentuk burung kecil manis atau berebentuk kelelawar hitam bertaring tumpul, tidak jelas. Kau, apapun itu bentukmu sekarang, membuat aku cemas sekaligus mengutuk. Kadang mengutuk baik dan kadang buruk. Semua kutukan itu karena visual dari mu yang sama sekali tidak jelas dan berubah-ubah, labil!

Doa, hanya ini yang dapat kulakukan agar apapun tentang dirimu hanyut dalam gejolak air dan berkakhir di lubang pintu masuk alam baka. Agar hal yang sama sekali tidak penting ini, tidak lagi menghinggapi ku dan merusak hidup yang pelan-pelang sedang kudandani. Walau kadang ilusi kembalianmu dapat membuatku senang, tapi aku tahu semua berujung sarkastik. Sia sia.

Leave a Reply

