kemana pergi sang kapten

Jumat itu nafas mu habis dan berhenti bedetak. Entah akibat terserang oksigen busuk dari luar ICU atau akibat falium. Yang pasti jantungnya sang kapten berhenti memompa. Banyak semut merubung mencoba membawa gula ke kehidupanya lagi dengan Ilmu yang diperlajari bertahun-tahun di Universitas. Ya, tak cukup jelek. Sang kapte pun tak jadi bertemu komandan. Dia kembali hidup tapi tak berarti, koma.

Mantra-mantra keluarga yang sebetulnya membawa dia kembali hidup. Saat malaikat sudah menarik ruh seperempat jalan, mantra ini menarik kembali ruh ke asalnya. Kami tarik menarik ruh di sana. Malaikat menarik ruh sang kapten dengan angkuh, kami menarik ruhnya dengan tangis dan mantra. Kami menang, dan apakah akan terus menang? Sepertinya begitu. Untuk sementara mantra kami lebih manjur daripada kecongkakan malaikat. Dia hidup tapi tak berarti, koma.

Sekarang, apa kami masih tarik menarik dengan malaikat? Atau dia sedang diajak berkunjung ke akhirat melihat neraka dan surga. Sang Kuasa sedang memberikan presentasi tentang akhirat dan penghuninya. Setelah itu Dia akan mengembalikan ruh dan menyegarkan raga. Setelah itu tinggal pilih. Lebih suka hidup berakhir di surga atau neraka. Walaupun mungkin Sang Pencipta hanya menjadi sales. Memberi rayuan pulau kelapa dengan nyiur melambai lalu dusta.

Senin itu, Sang Maha Kuasa memberikan jawaban. Ternyata kami memang sedang beradu betot dengan malaikat. Saat mantra kami mulai melemah maka kecongkakan sang malaikat pun semakin gawat. Malaikat menang. 18.20. Angka sakti buat kami. Kekalahan kami dengan malaikat. 1-0 skornya kawan. Kalah, menangis dan berusahan ikhlas. Cuma itu cara yang bisa dilakukan kaum yang kalah. Dan satu lagi, berdoa, agar mendatang kami tidak kalah lagi dan agar angka 0 terbang melayang ke tempat yang Indah bertemu dengan komandan, dengan diantar malikat sembari meledek kami dari sana.

Robbighfirli waliwalidayya warhamhumma kamarobbaya nishoghiro…

In memoriam: Sholeh bin Umar bin Sholeh Al-Aulaqi (captain of Farisal ship)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s